Kamis, 31 Maret 2011

Menghitung Volume Cut Dan Fill Pada Autocad Land Desktop


Salam Tambang ..
Nah.. pada postingan sebelumnya saya telah menjelaskan bagaimana cara Membuat Kontur Autocad Land Desktop Rapi Dengan Breakline , bagi anda yang belum membaca klik disini. Pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai cara Menghitung Volume Cut Dan Fill menggunakan autocad. Baiklah cekidot tutorialnya :
·         Menghitung volume atau kubikasi dengan autocad land desktop tidaklah terlalu sulit, yang terpenting kita sudah mempunyai 2 buah surface yang lokasinya saling bertemu atau sama cuma berbeda elevasinya. untuk membuat contour sudah ada pada posting sebelumnya. kita asumsikan anda sudah punya 2 surface tadi. masuk ke menu terain,select current stratum. buat perhitungan volume baru dengan klik new dan masukan surface original dan surface galian/timbunannya.

·         Setelah itu klik menu terain lagi pilih site setting dan buatlah 2 atau 3 digit dibelakang koma untuk presisinya. lalu terain,define site, enter bila di command muncul rotating angle 0,0.klik dipojok bawah kiri pada saat dicommand muncul site base point, masukan 2 pada grid n size dan m size. klik pojok kanan atas pada saat di command muncul upper right corner dan kotak persegi akan terbentuk mengelilingi 2 surface tadi

·         setelah kotak persegi tadi terbentuk klik menu terain,site manager,klik pd nama volume td dan enter.
·         Pilih terain,calculate grid volume dan pilih volume yang anda buat tadi dan buat nama baru utk volume tsb.dan volume akan muncul dicommand.

·         langkah terakhir adalah memunculkan hasil volume di layar atau surface contour anda.klik terain,volume report,site table dan klik pd volume anda tadi.pd command akan muncul text insertion dan klik pd layar dimana anda akan menempatkan hasil perhitungan tadi.

SELAMAT MENCOBA !
Jangan lupa beri komentar anda pada postingan ataupun buku tamu saya.
Terimakasih atas kesempatan anda berkunjung di blog saya.

1 koment:

  1. postingnya bagus dan sangat membantu.
    saya mau tanya.
    kalo misal kita punya data waduk,terus mau di keruk.
    ada dua yang akan saya tanyakan.
    1.gmn caranya kalo waduk dikeruk hingga seluruh kedalamannya menjadi sama(kedalaman diratakan)?
    2. gmn kalo masing2 titik dikeruk 5m,jadi seluruh surfacenya turun 5m?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...